audit hotel

Audit Hotel, Apa dan Siapa yang Bisa Melakukannya

Seperti halnya bidang lainnya, audit hotel merupakan proses wajib dilakukan oleh sebuah bisnis untuk mengevaluasi efektifitas performa bisnis hotel, termasuk di dalamnya aspek operasional, marketing, kepuasan pelanggan, tingkat revenue, dll

Nah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan audit hotel, mengapa penting, dan apa yang harus dilakukan untuk melakukan audit yang efektif, berikut penjelasannya

Pengertian Audit Hotel

Secara general, yang dimaksud dengan audit hotel adalah evaluasi secara terperinci terhadap seluruh aspek  operasional dan keuangan yang ada di hotel. Beberapa di antaranya yang termasuk dalam ranah operasional seperti pengelolaan inventaris hotel, manajemen SDM, kualitas pelayanan tamu, dll. Sementara yang termasuk dalam ranah keuangan seperti audit finance, pemasaran, dll.

Pentingnya Melakukan Audit dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Pada prinsipnya, aduit dilakukan untuk mengidentifikasi permasalah yang ada pada setiap divisi, lalu memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan untuk perbaikan. Ujungnya jelas : peningkatan profit hotel.

1. Efisiensi Divisi Operasional Hotel

Salah satu ha utama yang perlu dilakukan saat audit adalah audit operasional. Dengan pemeriksaan menyeluruh terhadap proses dan alur kerja, diharapkan management dapat mengetahui pos-pos mana yang dinilai kurang efektif atau menghambat operasional hotel, baik dari segi penggunaan sumber daya, proses yang terlalu panjang, dll. Setelahnya, hotel dapat melakukan efisiensi pada pos tersebut. Hasil yang diharapkan: Alur kerja lebih efektif, biaya operasional juga lebih minimal

2. Optimasi terhadap Aspek Finansial dan Pengelolaan Anggaran

Pararel dengan audit operasional, audit terhadap aspek keuangan dan pengelolaan anggaran bisa dilakukan. Dengan audit keuangan hotel, dapat diketahui divisi-divisi mana saja atau pos-pos apa saja yang  terdapat pemborosan dan kemudian dapat ditekan tanpa mengorbankan kualitas.

Beberapa di antaranya yang biasanya dapat dilakukan efektivitas seperti biaya pembelian bahan baku dan peralatan kepada vendor yang dilakukan divisi purchasing, biaya iklan oleh divisi pemasaran, dll

3. Komitmen Terhadap Regulasi

Di luar masalah peningkatan profit hotel, audit penting dilakukan sebagai bagian dari komitmen hotel terhadap kepatuhan pada regulasi yang ada di bidang perhotelan. Termasuk di antaranya peraturan terkait keselamatan, lingkungan, hingga pemenuhan regulasi industri perhotelan yang berlaku di Indonesia.

Meski tak terkait langsung dengan pendapatan, komitmen terhadap regulasi ini namun secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap hotel tersebut. Ujung-ujungnya juga sama : Peningkatan profit perusahaan

Siapa yang Dapat Melakukan Audit?

Pertanyaan berikutnya, siapa yang bisa atau berhak melakukan pemeriksaan? Pertama, jika memiliki divisi audit sendiri, hotel bisa melakukan audit internal. Namun jika belum memiliki tim audit internal, management dapat menggunakan jasa konsultan hotel.

Mengingkat kompleksitas pada teknis audit, penggunaan jasa konsultan hotel memang menjadi salah satu pilihan yang dapat dipilih hotel. Konsultan hotel merupakan perusahaan yang berisi para profesional yang telah memiliki pengelaman baik di bidang operasional, keuangan, dll.

Posisi mereka yang berada di luar management juga menjadi nilai plus untuk melakukan audit, sehingga hasil audit merupakan hasil pemeriksaan yang objektif.

Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel

Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com

 

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp