Konsultan Bisnis Hotel, Perlukah Bagi Pemilik Hotel?
Secara general, konsultan bisnis hotel adalah perusahaan yang berisi para profesional dalam industri perhotelan yang bisa membantu owner hotel atau pengelola properti untuk meningkatkan efisiensi bisnis hotel. Baik operasional, marketing, manajemen keuangan dll.
Sebagai pihak di luar manajemen dan pengalaman mereka di bidang perhotelan, konsultan bisnis hotel bisa menggunaka “helicopter view” untuk memetakan masalah yang ada serta memberikan solusinya. Sehingga ujungnya, kehadiran Konsultan bisnis hotel ini juga diharapkan mampu meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis hotel.
Tugas Konsultan Bisnis Hotel
Konsultan bisnis hotel memiliki beberapa tugas utama dan mencakup berbagai aspek penting yang berfokus pada peningkatan kinerja hotel. Di antaranya:
-
Perencanaan dan Analisis
Konsultan bisnis hotel bertugas untuk melakukan analisis secara menyeluruh terhadap kondisi dan permasalahan-permasalahan dan tantang yang dihadapi hotel saat ini. Berbebakal analisis tersebut, mereka kemudian akan membantu merancang rencana bisnis yang lebih efektif. Termasuk merumuskan faktor-faktor strategis seperti segmen market, keunggulan kompetitif, dan tren industri yang sedang berkembang
-
Pengelolaan Manajemen Keuangan
Dalam hal ini, konsultan hotel akan melakukan memetakan masalah yang ada pada divisi finance serta memberikan saran-saran terkait pengelolaan pembiayaan operasional, pencatatan yang lebih baik dan terstruktur, dll untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan
-
Efisiensi dan Efektivitas Operasional
Ada banyak hal biasanya dalam dilakukan dalam rangka efisiensi dan efektivitas operasional. Misalnya saja yang berkaitan dengan POMEC, atau sumber daya manusia yang biasanya banyak harus diperbaiki misalnya dengan melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan pelayanan, dan lain sebagainya.
-
Pemasaran yang Lebih Efektif
Pemasaran adalah salah satu hal yang sangat krusial dalam pengembangan bisnis hotel. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, konsultan hotel juga sangat concern dalam dalam merancang strategi pemasaran yang dapat meningkatkan pertumbuhan penjualan hotel. Termasuk dengan memanfaatkan pemasaran digital lewat Onlline Travel Agent (OTA), dll.
Mengapa Harus Menggunakan Jasa Konsultan?
Sama halnya dengan bisnis lainnya, manajemen atau pemilik hotel biasanya memerlukan sudut pandang lain dalam mengembangkan bisnisnya. Konsultan hotel yang memiliki pengalaman dan expertise dalam bisnis hotel, bisa melihat permasalahan dari “helicopter view” sehingga lebih mudah menemukan masalah serta mencarikan solusinya.
Ini beberapa alasan mengapa hotel owner perlu menggunakan jasa konsultan bisnis hotel:
-
Meningkatkan Kinerja Operasional
Dengan pengetahuan yang dimiliki konsultan hotel, ada banyak solusi yang bisa dihadirkan berkaitan dengan efisiensi operasional. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan profitabilitas.
-
Custom Solution
Tidak semua solusi atas permasalahan bisa diselesaikan dengan cara yang sama. Konsultan hotel dapat memberikan solusi yang terkustomisasi terkait dengan masalah yang dialami tiap hotel. Apakah itu hotel berbintang, butik hotel, atau ruko hotel, hotel melalti, dll
-
Menghemat Budget dan Waktu
Dengan menggunakan konsultan hotel, pemilik hotel tidak perlu lagi menghabiskan banyak tenaga dan waktu untuk memikirkan detail operasional. Dengan perencanaan yang efektif dan terukur, tentu pada akhirnya hotel bisa melakukan penghematan biaya operasional, marketing, dll.
-
Perencanaan Bisnis ke Depan
Setiap bisnis tentu ingin terus berkembang dan scale-up. Konsultan hotel yang memiliki pemahaman tentang tren industri perhotelan, teknologi terbaru, dan strategi pemasaran yang efektif bisa membawa hotel melangkah lebih maju ke depan.
Ingin konsultasi lebih lanjut mengenai konsultan bisnis hotel? Hubungi :
Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel
Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com