Okupansi Hotel: Cari Menaikkannya dengan Strategi yang Tepat
Tujuan semua hotel memiliki tujuan yang sama: Revenue! Dan untuk meningkatkan revenue caranya cuma satu: Menaikkan okupansi hotel. Nah, cara menaikkan tingkat hunian ini yang harus dengan strategi yang tepat.
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara meningkatkan okupansi hotel. Sebaiknya kita perlu membahas dulu secara singkat Apa itu okupansi Hotel
Apa Mengapa Okupansi Hotel Itu Penting?
Secara garis besar, yang disebut dengan okupansi hotel adalah tingkat keterisian kamar hotel. Sederhanya, Jika sebuah hotel memiliki jumlah kamar 100 dan yang terisi adalah 40 kamar, maka tingkat okupansi hotel tersebut adalah 40%.
Nah, mengapa penting untuk mengukur tingkat okupansi? Tentu karena tingkat okupansi adalah tolok ukur kinerja hotel tersebut. Semakin tinggi tingkat okupansinya, maka semakin baik kinerjanya. Semakin tinggi pula potensi revenuenya.
Bagaimana Cara Menaikkan Tingkat Hunian Hotel
Ini mungkin tidak mudah. Tapi bukan tidak mungkin. Bahkan besar kemungkinannya, sepanjang kita mengetahui dan menerapkan strategi yang baik. Apa saja itu?
-
Meningkatkan Pelayanan Tamu
Pelayanan tamu adalah nyawa dari setiap bisnis perhotelan. Mungkin kali ini hotel Anda ramai, tapi jika tamu merasa pelayanan hotel buruk, maka mereka tidak akan kembali menginap di hotel Anda, dan bahkan memberikan rekomendasi kepada masyarakat lainnya untuk tidak menginap di hotel Anda.
-
Optimalkan OTA dan Pemasaran Online Lainnya
Di jaman digital ini, pemasaran online adalah keniscayaan. Di era perang udara ini, adalah konyol jika kita tidak ikut “bertarung di udara”. Untuk bisnis hotel, pastikan Anda sudah bekerjasama dengan layanan Online Travel Agent (OTA) seperti Traveloka, Booking.com, dll. Karena begitu banyak orang yang memilih hotel dari OTA tersebut. Selain itu, manfaatkan juga social media dengan baik, termasuk untuk menawarkan paket-paket yang ada, membangun branding, dll.
-
Perhatikan Data, Lakukan Analisis, dan Eksekusi
Jangan remehkan data. Data apapun yang bisa Anda dapatkan. Melalui testimoni-testimoni online, riset kecil di hotel melalui saran dari tamu, dsb. Dari data tersebut lakukan analisis, lalu segera lakukan perbaikan.
Konsultasi dan Kolaborasi dengan Konsultan Hotel
Era ini adalah era kolaborasi. Anda mungkin akan kehabisan energi untuk mengurusi semua hal untuk dapat meningkatkan tingkat hunian hotel.
Anda bisa bekerja sama dengan konsultan hotel yang memiliki pengalaman mengatur dan mengeksekusi strategi hotel. Mulai dari konsep, operasional, marketing dll.
Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel
Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com