Operasional Hotel, Nyawa dalam Bisnis Perhotelan
Pengelolaan operasional hotel yang efektif dan efisien adalah nyawa bagi bisnis hotel. Jika operasional hotel baik, maka akan baik juga kinerja hotel tersebut Begitu juga sebaliknya.
Namun, seperti yang diketahui, operasional hotel adalah hal yang sangat kompleks dan menyangkut banyak aspek. Mulai dari manajamen keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, marketing, dan banyak hal lainnya.
Aspek Utama dalam Operasional Hotel
Meskipun tidak terbatas pada empat hal di bawah ini, berikut adalah empat aspek utama dalam operasional hotel :
-
Manajemen Sumber Daya Manusia
Sebagaimana bisnis jasa lainnya, bisnis perhotelan juga sangat mengandalkan SDM sebagai tulang punggung operasionalnya. Ada banyak hal yang mesti diperhatikan dalam pengelolaan SDM, termasuk peningkatkan kualitas SDM untuk peningkatan pelayanan tamu, sistem management SDM termasuk pengembangan karir, hal-hal yang berkaitan dengan pendapatan karyawan dll.
-
Manajemen Keuangan
Sebaik apapun fasilitas, pelayanan, dan hal teknis lainnya, bisnis hotel tidak akan berkembang atau bahkan berpotensi fail jika tidak didukung dengan manajemen keuangan yang baik. Termasuk juga dalam manajemen keuangan ini adalah pengendalian biaya operasional termasuk pengendalian energi dan pemeliharaan fasilitas, dll.
-
Manajamen Pengelolaan Fasiltas
Bisnis hotel sangat sensitif terhadap fasilitas yang dinikmati oleh tamu. Untuk itu, diperlukan manajemen pengelolaan fasilitas yang baik untuk memastikan tamu yang menjadi sumber pendapatan hotel, bisa terlayani dengan baik. Seperti pemeliharaan rutin kamar, kolam renang, restoran, atau area publik lainnya.
-
Strategi Marketing
Sebagai ujung tombak dari operasiona hotel, strategi marketing memiliki peran yang sangat penting untuk membuat profit perusahaan menjadi meningkat. Apalagi konsep dan strategi marketing juga terus berkembang dinamis. Termasuk saat ini dengan pemanfaatan digital marketing melalui OTA, social media, dll
Apa yang Harus Dilakukan?
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh hotel untuk dapat mengoptimalkan operasional hotel. Secara garis besar, berikut beberapa di antaranya :
-
Pengimplementasian PMS
Setiap hotel mutlak dan wajib memiliki dan mengimplemtasikan Sistem Manajemen Hotel. Hal ini adalah untuk memudahkan banyak hal yang berkaitan otomatisasi pada proses yang dilakukan day by day, seperti reservasi, check-in/check-out, atau sistem manajemen kamar lainnya.
-
Training SDM
Training atau pelatihan rutin kepada SDM hotel idealnya dilakukan secara berkala. Hal ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, dan kapasitas SDM. Ujungnya tamu merasa lebih puas, dan revenue hotel jadi meningkat.
-
Pemeliharaan Bersifat Preventif
Ini adalah hal penting yang sering dilupakan. Tidak melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas akan berakibat fatal dimana fasilitas banyak yang rusak dan tidak berfungsi. Tamu menjadi kecewa, dan biaya perbaikan juga meningkat.
-
Audit Keuangan
Dengan melakukan audit secara rutin, manajemen hotel dapat mengidentifikasi kinerja hotel secara terukur untuk menentukan kebijakan dan strategi yang dapat dilakukan selanjuntya. Selain itu, dengan audit keuangan, manajemen hotel dapat mengetahui pos-pos mana yang sekiranya dapat dilakukan efisiensi.
Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel
Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com