SOP Hotel, Perannya untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Hotel
Dalam industri perhotelan, kualitas layanan adalah kunci utama untuk memastikan kepuasan tamu dan berujung pada peningkatan revenue. Kualitas layanan yang tidak konsisten karena tidak adanya Standar Operational Procedure atau SOP hotel jelas akan membuat tamu merasakan pelayanan yang tidak menyenangkan.
Pada prinsipnya SOP hotel adalah serangkaian panduan tertulis yang menjelaskan langkah-langkah spesifik yang dapat dilakukan oleh staf hotel dalam menjalankan tugas keseharian. Dengan standarisasi prosedur ini, diharapkan semua detil yang dilakukan sudah sesuai yang ditetapkan oleh management.
SOP hotel ini mencakup berbagai aspek, Misalnya untuk divisi operasional, SOP hotel bisa mencakup SOP check-in dan check-out, layanan househeeping, penanganan keluhan tamu, dll. Dengan adanya Standar Operational Procedure, maka staff akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan dalam berbagai situasi yang dihadapi, serta mengurangi kesalahan dan meningkatkan kinerja.
Mengapa SOP Hotel Penting?
Berdasarkan apa yang disampaikan di atas, ada beberapa hal yang menjadikan standarisasi prosedur ini penting untuk membuat bisnis hotel growth atau bertumbuh
-
Efisiensi Operasional
Dengan adanya SOP Hotel, semua staf dapat berkerja dengan lebih efisien dan mengurangi tingkat keselahan dalam melakukan pelayanan kepada tamu.
-
Konsistensi Layanan
Layanan yang konsisten akan membuat setiap tamu merasakan pelayanan yang selalu baik dan tidak berubah-ubahh
-
Meningkatkan Kepuasan Tamu
Dengan standarisasi prosedur yang tersusun dengan baik dan semua divisi melakukan pelayanan yang baik kepada tamu berdasar SOP tersebut maka potensi tamu akan kembali lagi ke hotel kita dan merekomendasikan kepada orang lain
-
Pelatihan Staf yang Lebih Mudah
Standarisasi prosedur akan memudahkan bagi manajemen untuk memberikan pelatihan kepada staf mengenai pekerjaan yang harus mereka lakukan. Hal tersebut juga berlaku untuk staf baru, sehingga manajemen tidak membutuhkan banyak effort untuk memberikan pengetahuan atau pembalajaran mengenai pekerjaan yang harus mereka lakukan.
Bagaimana Menerapkan Standarisasi Prosedur yang Efektif?
Untuk membuat standarisasi prosedur yang efektif, ada beberapa hal yang bisa perlu diterapkan. Hal ini dimaksudkan agar SOP yang ada dapat diterapkan dengan baik oleh para staf hotel
-
Identifikasi Proses yang Penting
Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat SOP adalah bagian-bagian mana atau proses-proses mana yang merupakan proses kunci atau penting dan perlu dilakukan secara konsisten dan terjaga kualitasnya. Buat dari yang paling penting, hingga yang paling bisa ditolerir
-
Buat Panduan Tertulis
Setelah menidentifikasi proses kunci, SOP harus dibuat secara rigid, jelas, dan tertulis. Agar mudah dipahami oleh semua staf dan mudah diaplikasikan untuk efektifitas kinerja.
-
Melakukan Pelatihan
Lakukan pelatihan kepada seluruh staf hotel untuk dapat memahami secara jelas standarisasi prosedur yang telah dibuat, dan dapat menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari
-
Evaluasi
SOP bukanlah sesuatu yang tidak dapat diubah, apalagi dalam bisnis perhotelan yang juga bersifat dinamis. Untuk itu, kita haus melakukan evaluasi secara berkala terhadap SOP yang telah ada, dan meng-updatenya jika diperlukan.
Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel
Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com