Konsultan Hotel, Ini Perannya untuk Pertumbuhan Bisnis Hotel

Pada dasarnya, konsultan hotel adalah suatu bidang usaha yang menggabungkan keahlian manajemen dan manajemen bisnis dalam industri perhotelan. Pihak ketiga ini akan membantu pemilik hotel atau owner dari sebuah properti untuk dalam pengelolaan operasional serta melakukan standarisasi pada sebuah hotel, untuk dapat menumbuhkan tingkat okupansi hotel, serta pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan revenue atau keuntungan pada sebuah bisnis hotel.

Peran Konsultan Hotel

Konsultan Hotel memiliki peran strategis berkaitan pengoptimalan sebuah properti atau hotel. Beberapa di antaranya adalah :

  • Evaluasi

Pada hotel existing atau sudah beroperasi, pekerjaan biasanya diawali dengan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua aspek operasional hotel, seperti manajemen, HRD, keuangan, pelayanan dll. Hal tersebut dilakukan untuk menentukan langkah-langkah selanjutkan yang dapat dilakukan pada properti atau hotel tersebut.

  • Manajemen

Konsultan Hotel memiliki peran yang sangat penting untuk menata kembali manajemen hotel. Mulai dari manajemen HRD, keuangan, manajemen rantai pasokan atau hubungan dengan pihak ketiga, hingga hal-hal lain yang dibutuhkan dalam bisnis perhotelan

  • Revitalisasi

Dalam sebuah bisnis existing, terkadang ada banyak hal yang perlu diperbarui untuk meningkatkan efektifitas dan daya saing hotel yang sangat dinamis dan mengikuti perkembangan yang sedang terjadi. Misalnya revitalisasi terhadap konsep hotel, resegemtasi market, desain interior, dll.

  • Strategi Pemasaran

Hal lainnya yang tak kalah penting adalah menentukan strategi promosi. Termasuk diantaranya adalah strategi branding atau citra perusahaan hingga kegiatan pemasaran lainnya. Termasuk diantara pemasaran digital, dll.

  • Hubungan dengan Pihak Ketiga

Dalam pemasaran, hubungan dengan pihak ketiga juga merupakan hal yang sangat krusial untuk menumbuhkan penjualan. Konsultan hotel biasanya akan melakukan banyak hubungan dengan pihak-pihak eksternal untuk menumbuhkan bisnis hotel tersebut. Baik yang bersifat soft-selling seperti hubungan dengan media dan stakeholder lain, maupun dengan pihak-pihak yang secara langsung dapat menumbuhkan penjualan, misalnya bekerjasama dengan platform-platfom atau aplikasi booking seperti Traveloka, Booking, dll

Keuntungan Bekerjasama

Pertanyaan selanjutnya, apakah perlu bagi pemilik properti atau hotel menggunakan jasa konsultan hotel? Jawabannya, tergantung kebutuhan dan kondisi properti atau hotel yang bersangkutan.

Bagi hotel yang memang dalam kondisi yang stuck, tentu kehadiran konsultan hotel ini sangat diperlukan untuk kembali memberikan solusi ke depan. Sementara bagi hotel yang sudah existing namun memerlukan daya ungkit untuk menaikkan revenue, kerja sama ini akan memberikan banyak manfaat.

Namun yang pasti, konsultan hotel yang profesional memiliki banyak keunggulan, yang mungkin tidak dimiliki jika dikelola untuk internal hotel sendiri. Diantaranya adalah kinerja yang lebih fokus, hemat biaya, sistem kerjasama yang lebih fleksibel, ,serta pengalihan tanggung jawab risiko.

Untuk konsultasi dengan pakar dari Ziri Hotel Management mengenai berbagai hal berkaitan manajemen hotel, klik di sini.

Untuk penjelasan partnership atau detil Full Management Services (Hotel Operator) yang di-handle oleh Ziri Hotel Management, klik di sini

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp