pomec

POMEC, Efisiensi Biaya yang Dapat Meningkatkan Revenue Hotel

Perhotelan merupakan industri yang sangat sensitif atau sangat tergantung dengan biaya operasional yang efisien. Sebab, industri perhotelan harus bisa menjaga keseimbangan antara pelayanan tamu yang maksimal dan pengelolaan biaya operasional, pemeliharaan, serta energi untuk menunjang pelayanan tersebut atau yang biasa disebut dengan POMEC.

Apa Itu POMEC?

POMEC merupakan singkatan dari ((Property Operation Maintenance and Energy Costs). Istilah ini merujuk pada tiga komponen utama dalam operasional hotel: Biaya operasional (Property Operations), biaya pemeliharaan (Maintenance), dan biaya energi (Energy Costs).

Ketiga hal ini saling tarkait berkelindan. Pengelolaan ketiga aspek ini juga akan sangat berpengaruh dan berujung kepada tingkat revenue atau keuntungan bisnis hotel.

Mari kita bahas ketiga aspek tersebut secara lebih mendetil :

  1. Property Operations (Biaya Operasional)
    Property operation cost atau biaya operasional hotel adalah semua biaya yang dikeluarkan berkaitan dengan kegiatan hotel sehari-hari. Termasuk di antaranya adalah pengadaan bahan baku, gaji karyawan dan biaya-biaya lainnya.
  2. Biaya Pemeliharaan (Maintenance)
    Seperti selayaknya sebuah property, hotel tentu membutuhkan pemeliharaan infrastruktur, peralatan, dsb untuk memastikan pelayanan kepada tamu dapat dilakukan dengan baik. Maintenance hotel harus dilakukan secara reguler untuk memperpanjang umur fasilitas dan peralatan. Tentu saja, hal ini membutuhkan management biaya maintenance yang tepat.
  3. Energy Costs (Biaya Energi)
    Biaya energi adalah salah satu pengeluaran terbesar dalam operasional hotel, yang mencakup listrik, air, gas, dan energi lainnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan hotel, mulai dari penerangan hingga sistem HVAC (pemanas, ventilasi, dan pendingin udara). Dengan menerapkan teknologi efisiensi energi dan kebijakan hemat energi, hotel dapat mengurangi konsumsi energi dan menekan biaya yang signifikan.

Mengapa Penting?

Pertanyaan berikutnya, apa pentingnya melakukan pengelolaan atau manajemen pembiayaan operasional, pemeliharaan dan energi? Berbagai studi dan pengelaman para profesional di bidang perhotelan, menunjukkan bahwa mengelola POMEC dengan baik akan memberikan banyak manfaat untuk hotel di antaranya:

  1. Pengendalian Biaya yang Terukur
    Dengan melakukan monitoring terhadap biaya operasional, pemeliharaan, dan energi secara terintegrasi, mangement hotel dapat mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus. Misalnya, pada area yang ternyata menggunakan energi terlalu tinggi, maka dapat dilakukan efisiensi untuk menurunkan biaya energi di area tersebut dengan solusi-solusi yang alternatif yang ada.
  2. Meningkatkan Efisiensi Operasional
    Melakukan pengelolaan POMEC akan dapat mengoptimalkan operasional hotel. Pemeliharaan dan pemeriksaan rutin terhadap peralatan dan fasilitas, pasti dapat dapat mencegah gangguan layanan yang dapat merugikan reputasi hotel.
  3. Sustainability and Environmental Responsibility
    Tak hanya keuntungan secara finansial, penerapan POMEC juga dapat meningkatkan keterlibatan dan peran aktif hotel dalam keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Dengan POMEC, hotel dapat menerapkan efisiensi energi serta mendukung keberlanjutan lingkungan yang baik dan sehat.
  4. Meningkatkan Revenue
    Ini adalah tujuan utama: Dengan efisiensi biaya operasional, pemeliharaan dan energi,  hotel dapat menekan biaya-biaya yang tidak perlu, sehingga ujungnya adalah dapat meningkatkan revenue atau pendapatan perusahaan.

Mengelola POMEC Secara Efektif

Pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan oleh hotel untuk dapat mengelola POMEC secara efisien?

  • Penerapan Teknologi Energi
    Untuk dapat mengelola POMEC, salah satu yang dapat dilakukan adalah berinvestasi pada manajemen energi berbasis teknologi serta mengoptimalkan efisiensi penggunaan energi di seluruh fasilitas hotel. Seperti sensor otomatis untuk suhu dan pencahayaan, dll.
  • Pemeliharaan Rutin dan Preventif
    Pemeliharaan fasilitas hotel secara rutin serta melakukan upaya pencegahaan masalah sedini mungkinkan perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menenekan kemungkinan adanya perbaikan darurat atau dalam jumlah besar.
  • Pelatihan Karyawan
    Last but not least, hotel perlu melakukan pelatihan kepada para staf hotel untuk lebih aware akan pentingnya efisiensi operasional dan penggunaan energi. Dengan begitu, diharapkan staf dapat berperan aktif dalam ikut menjaga fasilitas dan mencegah pemborosan biaya.

Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel

Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp