manajemen hotel

Manajemen Hotel, Ini Poin Penting yang Harus Diperhatikan

Industri perhotelan adalah segmen bisnis yang sangat dinamis. Diperlukan manajemen hotel yang baik untuk mengorkestrasi semua aspek yang ada di dalamnya. Mulai dari operasional, marketing,  finance, dll.

Ini mungkin terdengar seperti klasik. Namun, manajemen hotel benar-benar menjadi kunci utama untuk kesuksesan sebuah bisnis hotel. Apa saja poin-poin penting yang perlu diperhatikan? Kita mulai dari apa sebenarnya definisi manajemen hotel, lalu membahas apa saja unsur-unsur utama dari pengelolaan hotel.

Apa Itu Manajemen Hotel?

Secara umum, manajemen hotel adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan hotel. Termasuk operasional, administrasi, pelayanan tamu hotel, hingga marketing. Tujuannya: Memastikan bahwa semua lini operasional berjalan baik dan dapat meningkatkan keuntungan hotel

Unsur Utama dalam Manajemen Hotel

Adalah beberapa hal mendasar dan penting yang menjadi unsur utama dalam pengelolaan hotel, yakni:

  1. Pengelolaan Fasilitas

Termasuk dalam manajemen operasional, pengelolaan fasilitas adalah kegiatan yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua fasilitas hotel seperti area publik, restoran, kamar, dll harus dalam keadaan baik dan berfungsi sebagai mana mestinya. Termasuk didalamnya adalah manajemen maintenance rutin, dll.

  1. Sumber Daya Manusia (SDM)

SDM adalah ruh dalam setiap bisnis jasa, termasuk hotel. Itu sebabnya, Manajemen SDM adalah salah satu hal yang sangat krusial. Dengan SOP yang baik, karyawan harus dapat menjalan perannya dengan baik: Ramah dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Termasuk dalam manajemen SDM ini adalah manajemen rekrutmen, pelatihan, dll .

  1. Manajemen Finansial

Finance merupakan salah satu hal yang menjadi unsur utama dalam pengelolaan hotel. Termasuk bertanggung jawab terhadap setiap transaksi, membuat anggaran, mengatur arus kas, dll.

  1. Pengelolaan Pemasaran

Sebagai ujung tombak dari sebuah bisnis,  strategi pemasaran menjadi hal penting dan harus dapat meningkatkan visibilitas hotel di segmen pasar hotel tersebut. Termasuk memanaatkan penggunaan media sosial, melakukan kerjasama dengan agen perjalanan, atau membuat promosi khusus untuk menarik tamu.

Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Hotel?

Seperti bisnis lainnya, pengelolaan hotel tentu memerlukan pengetahuan dan skill khusus. Dan seperti yang dibahas di atas, ada banyak aspek yang perlu diperhatian dari berbagai keahlian.

Kehadiran konsultan hotel, juga dapat menjadi pilihan para owner hotel atau pemilik properti dalam rangka untuk mengoptimalkan manajemen hotel.

Konsultan hotel biasanya merupakan kumpulan para ahi di bidang berphotelan. Mulai dari aspek operasional, SDM perhotelan, strategi pemasaran yang pasti berbeda dengan pemasaran bidang lainnya dll.

Untuk itu, konsultan hotel dapat membantu dari mulai melakukan pemetaan tantangan-tantangan atau masalah yang sedang dialamai hotel, memberikan suggest dan eksekusi terhadap stragegi pemasaran, hingga melakukan training untuk SDM atau karyawan hotel.

Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel

Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp