hotel operator

Hotel Operator, Perannya dalam Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang kompetitif, peran hotel operator semakin penting untuk memastikan hotel beroperasi dengan efisien dan menguntungkan.

Jasa pihak ketiga ini kini menjadi solusi strategis bagi pemilik hotel yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan, efisiensi operasional, dan daya saing di pasar.

Dengan begitu, diharapkan pertumbuhan bisnis bisa diraih dengan waktu yang lebih cepat. Apa sebenarnya definisi hotel operator? Dan bagaimana perannya dalam pertumbuhan bisnis sebuah hotel? Berikut penjelasannya:

Apa Itu Hotel Operator?

suatu perusahaan yang mengoperasikan manajemen hotel terhadap beberapa brand hotel. Pada prinsipnya, perusahaan ini merupakan pihak ketiga yang bertanggung jawab terhadap hal-hal operasional dan manajemen supaya hotel di bawah naungannya dapat memberikan layanan terbaik dan mendapatkan profit sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik hotel tersebut.

Biasanya, mereka bekerja berdasarkan kontrak manajemen yang mencakup berbagai aspek, seperti:

  • Manajemen Operasional: Meliputi pengelolaan staf, housekeeping, layanan tamu, hingga pemeliharaan fasilitas.
  • Strategi Pemasaran: Meningkatkan visibilitas hotel melalui strategi pemasaran dan penjualan yang efektif.
  • Manajemen Keuangan: Mengontrol biaya operasional dan meningkatkan pendapatan melalui efisiensi dan inovasi.

Keuntungan

  1. Pengelolaan profesional: Mendapatkan tim manajemen yang ahli dalam bidang perhotelan. Mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan untuk menjalankan hotel dengan efisien, mengatasi tantangan operasional, dan memberikan pelayanan terbaik kepada tamu.
  2. Optimisasi Pendapatan: Mereka berpengalaman dalam mengelola revenue management, menerapkan strategi harga yang dinamis, dan memaksimalkan pendapatan melalui analisis pasar yang mendalam dan teknik penetapan harga yang tepat.
  3. Pemasaran yang Efektif: Mereka biasanya memiliki akses ke jaringan pemasaran yang luas dan strategi promosi yang efektif. Sebab, umumnya mereka merupakan para praktisi yang telah berpengalaman di industri perhotelan, termasuk di bidang pemasaran hotel. Dengan begitu, menggunakan jasa mereka dapat meningkatkan visibilitas hotel, menarik lebih banyak tamu, dan memastikan tingkat hunian yang tinggi sepanjang tahun.
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia: Hotel akan mendapatkan akses ke pelatihan dan pengembangan staf yang berkelanjutan. Hotel operator akan memastikan bahwa semua karyawan bekerja sesuai standar industri, sehingga memberikan layanan terbaik kepada tamu.

Ziri Hotels Group 

ZIRI Hotels merupakan konsultan hotel yang didirikan pada tahun 2019. Dimulai dari Surabaya, hotel ini telah menangani berbagai hotel di banyak kota di Indonesia. Termasuk yang paling jauh adalah Plum Hotel Lading Banda Aceh.

Ziri Hotels didirikan oleh para praktisi berpengalaman di Industri hotel di Indonesia dan luar negeri. 

Untuk konsultasi mengenai pengelolaan hotel dan jasa konsultasi perhotelan lainnya, kontak Ziri Hotel di sini.

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp