konsultan perhotelan

Konsultan Perhotelan, Begini Caranya Membantu Hotel Bertumbuh

Industri perhotelan adalah industri yang sangat dinamis. Pada titik tertentu, kehadiran konsultan perhotelan sangat diperlukan dalam rangka untuk meningkatkan efisiensi pada operasional, dan diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas hotel.

Tapi, banyak para owner atau pemilik hotel yang masih bertanya-tanya, sebenarnya bagaimana peran konsultan hotel dalam membantu hotel meningkatkan profit. Lebih detil lagi, bagaimana alur kerja yang ditawarkan oleh perusahaan konsultan perhotelan?

Secara garis besar, berikut cara kerja umum profesional :

Kunjungan Properti

Ini adalah hal mutlak yang perlu dilakukan oleh konsultan perhotelan, sebelum melakukan langkah apa yang dapat dilakukan selanjutnya dalam membantu hotel.

Dengan kunjungan hotel atau properti, konsultan hotel dalam memahami mengenai kondisi riil dari hotel atau properti, berikut dengan day by day operational-nya. Konsultan dapat mengobservasi secara langsung untuk mendapatkan gambaran awal mengenai keseluruhan kondisi hotel. Mulai dari fisik properti, sistem yang diterapkan, potensi, dan lain sebagainya.

Diagnosa

Sama halnya dengan dunia medis yang mengenal prognosis yang merupakan perkiraan mengenai kondisi medis seseorang, pada tahap kedua ini konsultan perhotelan juga akan melakukan diagnosa secara holistik mengenai kondisi hotel.

Diagnosa ini umumnya dilakukan secara menyeluruh, tergantung kebutuhan atau permintaan pemilik hotel. Mulai dari operasional, manajemen SDM, hingga permasalahan yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang biasanya juga menjadi kendala bagi bisnis perhotelan.

Diagnosa ini kemudian bisa menjadi kesimpulan mengenai masalah-masalah utama yang memengaruhi kinerja dari hotel tersebut.

Perencanaan

Setelah masalah ditemukan, mereka akan membuat perencanaan strategis yang akan diajukan sebagai solusi. Konsultan biasanya memiliki action plan yang detail yang bisa diimplementasikan oleh hotel.

Apakah implementasinya juga akan dilakukan oleh konsultan? Tergantung kebutuhan dan perjanjian kerja sama antara pemilk properti dan konsultan. Simak lengkapnya di poin berikutnya.

Eksekusi

Ini adalah tahap yang paling krusial. Setelah permasalahan ditemukan, rencana solusi dan action plan telah disiapkan, konsultan perhotelan dapat melakukan eksekusi, jika diperlukan.

Apa untungnya jika eksekusi ini dilakukan oleh konsultan perhotelan? Tentu jawabannya tergantung perjanjian dan kebutuhan. Tapi yang pasti, umumnya mereka merupakan kumpulan orang yang memiliki expertise cukup panjang di industri perhotelan.

Alih-alih menambah expense untuk biaya konsultan, dengan menggunakan konsultan perhotelan, pemilik hotel justru dapat melakukan efisiensi, karena banyak hal akan diurus oleh mereka yang telah berpengalaman.

KONSULTAN PERHOTELAN ZIRI HOTELS GROUP

Ziri Hotels Group telah eksis sejak 2019. Secara singkat, berikut adalah beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan dalam menggunakan jasa Ziri Hotels Group

  • Berisi praktisi perhotelan yang memiliki pengalaman selama belasan tahun di industri perhotelan, baik dalam negeri maupun luar negeri
  • Telah dipercaya oleh puluhan hotel dari banyak kota di Indonesia, termasuk salah satunya adalah Plum Hotel Lading Banda Aceh.
  • Memiliki banyak produk atau layanan

Ziri Hotels Group memiliki tiga layanan utama, di antaranya :

  • Hotel Operator (HO): Full management mulai dari operasional, marketing, audit, hingga pelatihan staf hotel.
  • Virtual Hotel Operator: Mangement pendapatan hotel, termasuk di dalamnya adalah strategi penetapan harga dan retensi pelanggan, yang menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis perhotelan.
  • Project Management Services: Dalam hal ini, Ziri Hotels Group akan membantuberkaitan dengan planning, eksekusi, hingga monitoring dari sebuah proyek hotel.

Untuk berkonsultasi via chat lebih lanjut dengan Ziri Hotels Group, klik di sini.

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp