Hotel Training, Efektifkah Meningkatkan Kualitas Hotel?
Bagi mereka yang berkecimpung di dunia perhotelan, masalah hotel training untuk staf hotel mungkin sudah bukan hal yang baru lagi. Tapi, terkadang muncul pertanyaan. Benarkah hotel training efektif untuk meningkatkan kualitas layanan hotel dan kepuasan tamu?
Sebelum dibahas lebih jauh, kita mungkin perlu mendefinisikan hotel training dengan lebih jelas. Hotel training merupakan program pelatihan yang disusun atau dirancang secara spesifik untuk praa karyawan hotel, guna meningkatkan keterampilan dan knowledge. Tujuannya jelas: Meningkatkan kepuasan tamu dan pada akhirnya menumbuhkan revenue hotel.
Nah, setelah kita dudukkan definisi tersebut, mari kita bahas jenis hotel training apa saja yang perlu diadakan hotel dan apa saja manfaatnya.
Beberapa Hotel Training Perlu Diadakan untuk Staf Hotel
1. Pelatihan Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan merupakan hal paling penting dan menjadi nyawa dalam sebuah bisnis hotel. Itu sebabnya, training layanan pelanggan jadi salah satu training yang “wajib” diadakan untuk staf hotel.
Dalam training ini, staf akan diajarkan tentang komunikasi yang baik, termasuk diantaranya menangani keluhan, serta cara memahami kebutuhan dan keinginan tamu, bahkan saat tamu tersebut tidak mengungkapkannya.
Prinsipnya, training ini tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih personal serta meningkatkan loyalitas para customer.
2. Hotel Management Training
Hotel management training adalah pelatihan yang ditujukan untuk tingkat leader atau manager hotel. Program pelatihannya bisa mencakup beberapa aspek, mulai dari pengelolaan SDM, finance dan accounting, hingga pelatihan operasional hotel dan general affair.
Salah satu hal yang tercakup dalam hotel management training adalah pelatihan marketing, dan termasuk yang menjadi keharusan adalah pengelolaan digital marketing, pemanfaatan Online Travel Agent (OTA) dll.
Dengan pelatihan ini, para jajaran manager atau leader diharapkan dapat lebih mudah, tepat, dan efisien dalam mengambil keputusan-keputusan berkaitan dengan operasional hotel.
3. Pelatihan Keamanan dan Kesehatan
Pelatihan ini umumnya dikenal dengan pelatihan K3 atau pelatihan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan terkait aspek keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.
Dalam konteks industri perhotelan, training ini juga penting. Staf hotel harus memiliki pengetahuan mengenai prosedur standar keamanan dan kesehatan di lingkungan hotel. Hal ini penting untuk memastikan staf bisa melakukan tindakan yang benar saat terjadi keadaan darurat seperti kebakaran, gempa bumi, ataupun saat ada tamu hotel dll yang mengalami gangguan medis dll.
Manfaat Mengadakan Pelatihan Staf Hotel
Lalu, pertanyaan berikutnya, setelah melakukan hotel training, manfaat apa yang akan didapatkan hotel?
1. Kualitas Layanan dan Kepuasan Tamu Meningkat
Karena karyawan sudah terlatih dan memiliki standar pelayanan yang baik, serta mengerti dan bisa memberikan solusi atas keluhan, tentu kualitas layanan hotel juga akan meningkat, dan kepuasan pelanggan atau tamu juga akan ikut terdongkrak.
2. Loyalitas Tamu Meningkat
Dengan kualitas layanan yang baik, tamu juga akan merasakan pengalaman menginap yang baik, reputasi hotel meningkat di mata tamu tersebut, dan kemungkinan akan menginap kembali jadi lebih tinggi.
3. Mengurangi Turnover Karyawan
Pelatihan management hotel, termasuk di antaranya pelatihan pengelolaan SDM, akan membuat turnover karyawan hotel menjadi turun. Staf akan merasa mendapatkan kesempatan berkembang. Dengan turnover yang kecil, maka operasional perusahaan akan berjalan lebih stabil.
4. Memenuhi Regulasi dan Standar Industri Perhotelan
Sama dengan industri lainnya, bisnis di industri perhotelan juga harus memenuhi persyaratan hukum atau peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menjalankan operasional. Beberapa hotel training juga penting dan diperlukan dalam rangka untuk memenuhi regulasi atau standar yang ditetapkan pemerintah.
Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel
Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com