konsultan hospitality

Konsultan Hospitality, Apa Saja Tugasnya?

Industri perhotelan terus bergerak dinamis. Persaingan juga relatif semakin ketat di semua segmen hotel. Semua berpacu meningkatkan pelayanan, melakukan efisiensi, dan berbagai hal untuk dapat bertahan dalam persaingan. Sebagai langkah percepatan, menggunakan konsultan hospitality menjadi salah sati opsi pilihan.

Apa itu Konsultan Hospitality?

Konsultan Hospitality adalah perusahaan yang memiliki kemampuan atau keahlian dalam memberikan advice bahkan hingga eksekusi dalam berbagai hal teknis yang menyangkut perhotelan. Mulai dari manajemen, operasional, bahkan hingga pemasaran. Tujuannya jelas : Meningkatkan pendapatan hotel.

Apa Saja Tugasnya?

Seperti yang dijelaskan di atas, prinsip tugas konsultan hospitality adalah memberikan solusi untuk hotel berkaitan masalah-masalah yang dihadapi oleh hotel. Secara general, berikut adalah tugas-tugas konsultan hospitality

  1. Analisis dan Evaluasi Kinerja Hotel

Hal pertama yang biasanya dilakukan konsultan hospitality adalah menalkukan evaluasi menyeluruh terhadap semua aspek di hotel tersebut. Termasuk diantaranya adalah kinerja operasional, analisis terhadap tingkat okupansi atau tingkat hunian, hingga ke pendapatan per kamar atau yang dalam bisnis perhotelan biasa disebut dengan RevPAR.

Dari sinilah kemudian konsultan hospitalitu dapat melakukan berbagai pembenahan yang diperlukan

  1. Optimasi SDM dan Operasional

Setelah melakukan evaluasi, konsultan perhotelan biasanya akan melakukan beberapa hal untuk melakukan optimalisasi di berbagai divisi di hotel. Salah satunya adalah pengelolaan SDM, dimana akan dilakukan training untuk staf, melakukan perbaikan sistem manajemen serta operasional, hingga jika diperlukan merekomendasikan struktur organisasi yang lebih efisien.

  1. Pengembangan Sistem dan Strategi Pemasaran

Salah satu hal krusial lainnya yang umumnya menjadi concern konsultan hospitality adalah pemgembangan sistem dan strategi pemasaran, sesuai dengan karakteristik pasar atau segmen hotel yang bersangkutan.

Di era digitalisasi seperti sekarang, pemanfaatan platform digital dan social media biasanya juga masuk menjadi salah satu yang menjadi concern.

  1. Perencanaan dan Pengembangan Proyek

Hal ini biasanya dilakukan untuk hotel yang baru akan berdiri atau hotel yang bermaksud melakukan renovasi atau ekspansi hotel.  Konsultan perhotelan atau konsultan hospitalitu bisa membantu pemilik hotel untuk melakukan planning sekaligus mengelola rencana proyek tersebut, serta memastikan bahwa proyek berjalan sesuai dengan timeplan serta anggaran biaya yang ditentukan.  

Siapa Saja yang Bisa Memanfaatkan Jasa Konsultan Hospitality?

Ada banyak jenis  bisnis dari industri perhotelan yang bisa memanfaatkan jasa konsultan perhotelan. Bukan hanya hotel yang sudah steady, pelaku bisnis hotel atau penginapan kecil juga bisa menggunakan jasa konsultan ini.

Setidaknya, ada dua klasifikasi bisnis hotel yang memerlukan jasa konsultan hospitality, yakni “

  1. Hotel yang Baru Akan Dibuka dan memerlukan perencanaan pembangunan, operasional dan pemasaran . Dalam hal ini adalah investor dan pemilik property
  2. Hotel existing yang memiliki tantangan dan membutuhkan solusi. Seperti masalah penurunan dan stagnansi dalam tingkat hunian, masalah SDM, pengelolaan keuangan hotel, dll

Keuntungan Menggunakan Konsultan Hospitality

Dengan menggunakan jasa konsultan perhotelan, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pemilik hotel, di antaranya:

  1. Efisiensi operasional
  2. Strategi pemasaran yang lebih terarah
  3. Peningkatan pengalaman tamu yang lebih baik sehingga meningkatkan kemungkinan tamu tersebut kembali menginap di hotel tersebut
  4. Meningkatkan revenue atau profitabilitas hotel

Ziri Hotels Group – Konsultan Hotel

Jl. Untung Suropati no.101 Surabaya
Bussiness Development Contact Person
0818-0304-1744
0812-3442-2164
E-mail Address info@zirihotels.com

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp