ruko hotel

Ruko Hotel, Peluang Menguntungkan di Balik Properti Tak Terpakai

Punya ruko yang tidak terpakai? Sudah dicoba untuk berabagai usaha tapi masih belum mendapatkan hasil yang memuaskan? Jangan dijual dulu, sebab ada potensi bisnis yang menggiurkan dari properti tersebut: Ruko Hotel.

Potensi ruko hotel ini cukup besar, mengingat seiring mobilisasi masyarakat yang semakin besar, baik untuk urusan bisnis atau pariwisata, kebutuhan akan penginapan atau hotel juga semakin besar. Apalagi banyak juga traveler atau pebisnis saat ini juga sangat sensitif dengan harga. Karena biasanya hanya berkunjung satu-dua hari, otomatis mereka umumnya memiliki hotel atau penginapan yang mura. Cukup sebagai tempat istirahat saja. Di segmen inilah ruko hotel jadi pilihan utama.

Pertanyannya, apa saja yang mesti dipersipakan untuk menjadikan ruko menjadi hotel? Setelah membaca beberapa hal di bawah ini, Anda mungkin bergumam, “Ah, rumit sekali.”

Pastikan Anda membaca artikel ini hingga habis, karena ada solusi yang sangat mudah untuk menjadikan ruko Anda menjadi hotel. Yang pasti, pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli di bidang perhotelan sebelum melangkah.

Berikut hal yang perlu Anda persiapkan untuk membuat ruko hotel :

  1. Rencana Pembangunan

Hal paling awal yang perlu dipersiapkan adalah rencana pembangunan dan pembiayaannya. Apa saja yang termasuk dalam plan tersebut?

  • Renovasi Ruko dan Desain Eksterior dan Interior: Tentu saja ruko untuk toko dan untuk hotel memiliki desain yang berbeda. Ruko Hotel harus punya fasilitas kamar, kamar mandi, resepsionis dan fasilitas lain seperti mini resto dll. Sanitasi, sisitem kelistrikan, dll juga harus diperhatikan detil Untuk itu, desain harus dipikirkan secara matang sebelum renovasi dilakukan.
  • Perizinan: Ini wajib dan krusial. Jangan sampai hotel sudah jadi, tiba-tiba kita bermasalah dengan perizinan. Pastikan kita mematuhi peraturan yang berlaku di daerah setempat.
  • Budgeting: Setelah desain dan perizinan disiapkan, kita bisa menghitung anggaran untuk membangun hotel. 
  1. Sistem Manajemen

Seperti halnya bisnis lainnya, sistem manajemen adalah hal yang sangat krusial dalam menjalankan bisnis. Untuk ruko hotel, ada beberapa hal yang patut dipersiapkan untuk memastikan bahwa bisnis tersebut kita akan berjalan dengan baik

Beberapa hal yang berkaitan dnegan sistem manajemen ruko hotel adalah sistem reservasi untuk mempermudah tamu yang akan menginap di hotel kita. Lalu ada juga sistem sumber daya manusia, serta, tentu saja, sistem keuangan yang baik untuk mengelola pemasukan dan pengeluaran hotel.

  1. Human Resourse dan Sumber Daya Lainnya.

Sama seperti bisnis jasa lainnya, SDM merupakan salah satu “engine” utama dalam menjalankan bisnis perhotelan.

Untuk itu, selain kedua hal di atas, pastikan kita juga menyiapkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan dalam mengelola bisnis hotel kita.

Kalau memang masih terbatas dalam pendanaan, paling tidak ada tiga divisi yang harus Anda persiapkan secara matang :

  • Housekeeping yang bertanggung jawab memastikan semua fasilitas hotel seperti kamar dan fasilitas umum lainnya berfungsi dengan baik. Termasuk menjaga kebersihannya.
  • Jika konsep Anda bed and breakfast, dan memiliki n ada mini resto, pastikan Anda memilih chef yang dapat memasak dengan baik. Umumnya, pelanggan ruko hotel memang tipikal yang membutuhkan bed and breakfast. Tak menjadi penilaian utama, tapi jika makanan yang Anda suguhkan enak, mereka akan suka menginap di hotel Anda.
  • Ini sangat penting untuk membuat tingkat okupansi di hotel Anda bertumbuh. Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan.

GUNAKAN JASA KONSULTAN HOTEL UNTUK RUKO HOTEL ANDA 

Konsultan hotel adalah perusahaan konsultan yang membantu owner hotel untuk mengelola hotel dalam operasional maupun standarisasi yang diperlukan dalam sebuah bisnis hotel.

Umumnya, mereka adalah para praktisi yang memiliki pengalaman panjang dan memiliki kompetensi untuk mengelola hotel, dalam rangka meningkatkan revenue atau keuntungan pada bisnis hotel.  

Secara sederhana, ada tiga hal utama yang dilakukan oleh konsultan Hotel, di ataranya adalah

  • Perencanaan: Konsultan perhotelan akan memberikan suggest berkaitan dengan konsep hotel yang sesuai dengan lokasi ruko Anda, sekaligus menentukan target market yang tepat.
  • Efisiensi Biaya: Dengan pengalaman yang dimiliki, konsultan perhotelan dapat membantu untuk melakukan optimasi dan efisiensi anggaran renovasi serta membuat schedule plan untuk memastikan proyek selesai tepat waktu.
  • Management System: Salah satu yang sangat krusial saat hotel sudah berdiri adalah membangun sistem management untuk memastikan hotel dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini, konsultan hotel perhotelan dapat membantu untuk memberikan panduan serta menyusun sistem manajemen yang efisien.

Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai bisnis perhotelan termasuk ruko hotel, hubuni Ziri Hotels Group di sini.

Share:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× WhatsApp